Manfaat Rumput Laut untuk Diet dan Kesehatan Tubuh

Rumput laut adalah salah satu jenis alga kaya serat yang terbukti sangat baik untuk melancarkan pencernaan. Kandungannya dapat memberikan rasa kenyang lebih lama sehingga mampu menurunkan nafsu makan. Rumput Laut didalam prut menghasilkan gel yang mampu memperkuat signal kenyang menuju otak. selain itu, mengkonsumsi rumput laut secara rutin selama seminggu terbukti mampu menurunkan berat badan hingga 1,7 kilogram.

Jika anda adalah pecinta makanan dari laut maka rumput laut merupakan refrensi terbaik untuk anda yang sedang menjalani diet. Sebab berdasarkan hasil studi terbaru di Inggris menyebutkan kalau rumput laut dikonsumsi secara rutin dapat mengurangi bobot tubuh menjadi ideal.

Serat yang terkandung dalam rumput laut sama dengan serat yang terdapat pada buah apel, akan tetapi rumput laut harganya lebih terjangkau dan lebih efektif.Selain itu rumput laut juga lebih stabil dalam pencernaan sehingga memperlancar buang air besar. Jika anda sudah lelah harus berpuasa dari makanan berlemak agar berat badan menjadi ideal dan tubuh langsing, kini sudah tidak perlu lagi. Anda tidak perlu repot untuk berdiet, cukup dengan mengkonsumsi rumput laut ketika sarapan. penelitian terbaru menemukan hanya dengan mengkonsumsi rumput laut dipagi hari manfaatnya sama seperti berlari di atas treadmil selama 1,5 jam. woow

Dikutip dari Laman health.liputan6.com pemimpin studi dari University of Newcastle’s Institute for Cell and Molecular Biosciences, Professor Jeff Pearson menjelaskan bahwa ia bersama beberapa peneliti lain menemukan kandungan alginat pada rumput laut dapat mengurangi lemak dalam tubuh dan melancarkan peredaran makanan dalam usus.

“Kami menyelidiki kemampuan alginat untuk mengurangi lemak oleh enzim pencernaan, lipase pankreas. Kami menemukan bahwa alginat yang mengandung banyak molekul gula yang disebut guluronate yang bisa memblokir lemak,” kata Prof Jeff.

Adanya penelitian ini tentu menggembirakan para tim peneliti. Kini, peneliti pun sibuk melakukan uji klinis untuk mengetahui seberapa efektif rumput laut bila dimakan sebagai bagian dari diet.

“Kami akan menyusun daftar rumput laut yang paling berperan dalam membakar lemak dalam tubuh seperti jenis rumput laut cokelat atau dikenal dengan tangle atau cuvie, juga jenis bladderwrack dan bull kelp.

Temuan yang dipublikasikan dalam jurnal Food Chemistry ini juga menunjukkan bahwa terdapat peningkatan empat kali lipat atau sekitar 75 persen penyerapan lemak pada saat kita mengonsumsi rumput laut.

Peneliti menambahkan, alginat dalam makanan juga bisa mengurangi kadar triasilgliserol (lemak) dalam makanan sehingga tubuh bisa tetap langsing.

Sementara itu Di kutip melalui daylymail, “Penelitian dilakukan oleh Sheffield Hallam University terhadap 79 orang pria sehat berusia 18-65 tahun yang mengalami kegemukan. Peneliti menemukan bahwa pria yang makan roti isi rumput laut saat sarapan lebih cepat merasa kenyang sehingga asupan kalorinya berkurang sampai 179 kali perhari. Jumlah ini sama dengan jumlah kalori yang dibakar diatas treadmil selama 1,5 jam. penelitian ini menunjukan bahwa dalam jangka pendek, konsumsi roti isi rumput laut mampu mengurangi asupan energi. dalam jangka panjang, dapat menyebabkan penurunan berat badan, papar Anna Hall ketua penelitian”.

Rumput laut yang memiliki rasa asin seperti garam, tetapi mengandung Natrium yang jauh lebih sedikit. Selain membantu mengurangi asupan garam, rumput laut juga dapat membuat perut terasa kenyang sehingga tidak mudah lapar. Tidak hanya itu, setiap butiran rumput laut memiliki tingkat natrium lebih rendah 3,5 persen dibandingkan dengan 40 persen garam.

Lalu bagaimana cara langsing dan sehat dengan rumput laut? simak penjelasannya dibawah ini:

  1. Jadikanlah rumput laut sebagai camilan sehat, bisa anda kombinasikan dengan es akan tetapi jangan lupa perhatikan kadar gulanya.
  2. Rumput laut dihidangkan untuk menjadi menu sayuran, misalnya rumput laut dijadikan sebagai pembungkus sushi.
  3. Ekstrak rumput laut dapat dimanfaatkan sebagai suplemen.
  4. Mencampurkan Agar-agar putih dengan nasi ketika dimasak, hal ini dapat meningkatkan kadar serat pada nasi menjadi lebih tanggi dan bergizi.
  5. Sebelum makan Konsumsilah agar-agar.

Ada Beberapa khasiat rumput laut dan kandungan yang terdapat dalam rumput laut, berikut penjelasannya :

  1. Kaya akan alginate

Alginate adalah salah satu komponen yang terdapat di dalam rumput laut. Menurut beberapa penelitian yang dilakukan oleh ilmuan di Universitas Newcastle Alginate yang terdapat di dalam rumput laut mampu menekan proses pencernaan lemak di dalam usus. Bahkan penelitian lain yang di patenkan di Jurnal Food Chmistry membuktkan bahwa salah satu tipe alginate dari rumput laut dapat menurunkan penyerapan lemak di dalam perut sebanyak 75%.

  1. Kaya kandungan serat

Rumput laut merupakan salah satu bahan makanan yang kaya akan serat. Itu ditunjukkan dengan tekstur rumput laut yang kenyal-kenyal seperti jeli. Seperti yang sudah diketahui banyak orang bahwa makanan dengan tinggi serat baik dikonsumsi untuk pelaku diet. Khususnya diet yang dilakukan untuk mengecilkan bagian perut.

3. Menyerap Lemak

Rumput laut tidak hanya dapat membantu menyerap lemak dalam tubuh dan khususnya di dalam usus, namun juga membantu membersihkan usus dari sisa-sisa kotoran yang mengendap.

  1. Menghindari dari diare dan sembelit

Diare dan sembelit merupakan dua masalah pencernaan perut yang dapat mengganggu proses diet kita. Dengan mengkonsumsi rumput laut yang kaya akan serat maka diharapkan kedua masalah itu tidak muncul sehingga dapat mempercepat proses penurunan berat badan saat diet.

  1. Kaya akan yodium

Khasiat rumput laut untuk diet selanjutnya adalah karena kandungan yodium di dalam rumput laut. Yodium merupakan salah satu zat yang penting untuk menjaga fungsi tiroid tetap sehat. Sedangkan tiroid adalah kelenjar yang berfungsi untuk memproduksi hormone yang mengatur berat badan, suasana hati, energi, dan tingkat metabolisme tubuh.

  1. Antibakteri

Rumput laut memiliki fungsi sebagai antibakteri yang cukup baik di dalam tubuh sehinga baik juga di konsumsi saat diet.

  1. Mengontrol nafsu makan

Rumput laut merupakan bahan makanan yang mudah dicerna di dalam tubuh sehingga dapat membantu mengontrol nafsu makan saat diet.

  1. Mengontrol gula darah

Rumput laut juga dapat bermanfaat sebagai pengontrol gula darah. Dengan begitu nafsu makan juga dapat dikurangi dan membantu menurunkan berat badan anda.

  1. Fucoxanthin

Kandungan fucoxantin di dalam rumput laut berkhasiat membantu membakar lemak dalam sel-sel lemak tubuh. Biasanya lemak yang cepat terbakar dengan bantuan kandungan ini adalah lemaka bagian perut. Sehingga konsumsi rumput laut baik untuk mengecilkan lingkar perut. Sedangkan Cara Diet Untuk Mengecilkan Paha dapat dilakukan dengan konsumsi makanan lain.

  1. Menekan nafsu makan

Khasiat rumput laut untuk diet yang terakhir adalah menekan nafsu makan. Hal ini hampir sama dengan fungsi rumput laut untuk mengontrol nafsu makan. Beberapa peneliti pernah membuat suplemen rumput laut berbentuk bubuk yang dapat  menekan nafsu makan saat diet. Cara kerjanya adalah suplemen yang dikonsumsi akan membentuk gel yang tebal sehingga menyerupai pudding yang bertahan cukup lama di dalam perut. Dengan begitu gel tersebut akan meredakan nafsu makan dan menurunkan berat badan