Manfaat dan Bahaya gerakan Plank untuk tubuh

Bahaya PlankMenjaga berat badan agar tetap ideal memang menjadi keharusan bagi setiap orang. Bahkan saat ini sudah di temukan fakta bahwa tidak hanya perempuan saja yang harus menjaga bentuk badannya agar tetap ideal tetapi pria juga harus menjaga bentuk badannya. Beberapa manfaat olahraga pilates ini harus Anda ketahui.

Saat ini ada banyak sekali olah raga yang mudah di lakukan namun bisa menurunkan berat badan secara optimal salah satunya adalah olahraga plank. Meskipun bisa menurunkan berat badan dengan cepat tetapi beberapa bahaya plank berikut ini harus Anda waspadai.

Pernah dengar olahraga planking belum? Itu lho, olah raga yang memerlukan sedikit gerakan dengan hanya menahan tubuh selurus dan sekaku mungkin dan dalam posisi tengkurap. Planking memang hanya seperti itu, sangat mudah dan siapa pun bisa melakukan gerakan tersebut. Siapa sangka, gerakan yang terlihat mudah ini mengandung banyak manfaat apabila dilakukan secara rutin. Mau tahu apa saja manfaat dari olahraga sederhana nan mudah ini? Langsung aja simak yang satu ini ya,

Membentuk perut

Planking ternyata dapat membantu kamu membentuk perut kamu sehingga memliki bentuk six pack. Pasalnyam olahraga ini akan membantu membangun otot bagian dalam perut yang akan menjadi dasar pembentukan otot six pack. Ketika otot perut kamu menjadi lebih kuat, maka tubuh bagian tengah kamu juga akan lebih kuat. Meski begitu, kamu juga harus mengurangi lemak di bagian perut supaya otot six pack kamu lebih terlihat.

Manfaat Olah Raga Plank

1. Mengurangi sakit pinggang

Selain membentuk perut, olahraga ini ternyata juga mengurangi sakit pinggang. Ketika planking, lapisan otot perut yang tertarik akan memperkuat tulang belakang dan kemudian membantu mengurangi sakit pinggang. Otot tulang belakang kamu akan tertarik sehingga menyamankan tulang punggung dan memperbaiki otot punggung.

2. Melatih fleksibilitas tubuh

Planking ternyata juga dapat melatih fleksibilitas atau kelenturan tubuh. Otot sekitar bahu, leher, dan tulang belikat akan mengendur dan mengencang seperti halnya daerah hamstring dan bahkan otot-otot pada jari kaki. Ketika kamu melakukan side-plank sekalipun, kamu juga dapat meregangkan tubuh bagian samping kamu, terlebih lagi apabila kamu menaikkan lengan kamu ke atas kepala dan sejajar dengan tubuh. Untuk menambah efek kelenturan pada tubuh, kamu juga bisa mencoba gerakan rocking plank.

3. Memperbaiki mood

Bukan hanya menyehatkan tubuh, planking juga dapat menyehatkan pikiran. Ketika kamu melakukan planking, gerakan peregangan dan relaksasi otot sering dilakukan pada bagian yang sering mengalami kaku. Gerakan tersebut akhirnya melegakan kekakuan otot yang juga melegakan perasaan kamu sehingga semangat kamu akan menjadi lebih bersemangat dalam menjalani aktifitas.

4. Memperbaiki keseimbangan dan postur tubuh

Untuk melakukan planking secara baik dan benar, kamu harus mengangkat otot perut kamu agar tetap meregang. Hal ini baik untuk melatih keseimbangan tubuh kamu, apalagi kalo kamu melakukan plaking di atas sebuah bola fitness. Untuk mengetes dan memperkuat keseimbangan tubuh kamu, cobalah untuk melakukan side-plank dengan salah satu kaki terangkat, setelah itu tahan. Kemudian turunkan kembali setelah satu hitungan. Ulangi gerakan tersebut untuk hasil yang lebih baik. Peregangan tersebut juga dapat membantu otot kamu dalam memperbaiki postur tubuh kamu, seperti punggung, dada, bahu, perut, dan leher. Kalo kamu rutin melakukan planking, kamu akan merasa lebih nyaman ketika duduk atau berdiri dengan tegak.

Banyak juga kan ternyata manfaat hebat dari olahraga planking ini? Makanya, jangan pernah menganggap remeh olahraga meskipun cuma memiliki gerakan yang sangat sederhana seperti ini. Masih ragu buat melakukan planking setiap hari?

Dampak Negativ Olah raga Plank

Meskipun gerakan plank sangat bermanfaat bagi tubuh. itu pun kalau dilakukan dengan benar apalagi bagi pemula harus di bimbing oleh ahli atau yang berpengalaman agar gerakan nya tidak salah yang akan mengakibatkan cedera. jika Plank dilakukan dengan tidak benar maka anda akan merasakan dampak negatif bagi tubuh anda diantara nya adalah :

  1. Badan Pegal-Pegal

Meski planking termasuk ke dalam salah satu jenis olahraga tetapi bukan berarti olahraga satu ini tidak menimbulkan efek samping. Salah satu bahaya dari planking jika Anda lakukan setiap hari adalah membuat badan menjadi pegal-pegal. Ada banyak manfaat pilates kegel yang bisa Anda dapatkan jika menggunakan olahraga satu ini.

2. Kram Otot

Olahraga plank memang bisa di lakukan di mana saja dan kapan saja. Tetapi jika Anda melakukan gerakan yang salah maka bisa menyebabkan kram pada otot tubuh Anda. Oleh karena itu pelajari dengan benar bagaimana gerakan planking. Waspadai efek samping diet 7 hari yang berbahaya untuk tubuh.

3. Badan Cepat Lelah

Jika biasanya setelah olahraga badan akan terasa lebih segar pagi harinya maka Anda akan merasakan badan cepat lelah setelah melakukan planking. Hal ini di karenakan planking memanfaatkan bagian otot vital tubuh. Hindari diet saat haid karena bisa menimbulkan efek samping diet saat haid yang berbahaya.

4. Nyeri Sendi

Gerakan pada olahraga plank lebih mengutamakan gerakan sendi dan otot. Karena dengan pembentukan otot ini maka badan juga bisa terbentuk dengan sendirinya. Namun resiko tertinggi dari planking adalah menyebabkan nyeri pada sendi. Efek samping gula diet memang harus di hindari.

5. Kaki Membesar

Bahaya plank selanjutnya adalah bisa menyebabkan kaki membengkak sehingga ukuran kaki menjadi lebih besar. Selain itu gerakan plank yang memang lebih berfokus ke otot tubuh lah yang menjadikan kaki membesar. Waspadai efek samping diet keto ini.

6. Kepala Sering Pusing

Tenaga yang terkuras karena olahraga plank menyebabkan Anda sering merasakan pusing pada kepala. Bahkan gerakan planking yang terlalu berlebihan bisa memicu sakit kepala yang sangat parah juga. Anda harus tahu beberapa efek samping diet low crab berikut ini.

7. Dada Terasa Sakit

Dada yang terasa sakit juga akan Anda alami jika menggunakan olahraga plank ini sebagai olah raga pilihan Anda. Hal ini di sebabkan oleh penyempitan pembuluh darah secara mendadak karena Anda belum pernah melakukan olah raga ini dan tubuh Anda mulai beradaptasi dengan gerakan olah raga yang Anda lakukan. Ternyata ada efek samping obat diet 7 day slim yang belum di ketahui oleh banyak orang.

8. Memicu Magg

Olah raga plank akan menyita banyak tenaga Anda sehingga nafsu makan Anda akan menurun drastis. Jika Anda tidak bisa mengimbangi hal ini maka Anda bisa terkena penyakit mag. Waspadai efek samping diet plum ini.

Nah itu tadi beberapa bahaya plank yang harus Anda ketahui dan sebisa mungkin Anda hindari. Untuk itu anda harus berhati hati dalam melakukan olah raga Plank ini terutama bagi pemula harus dibimbing oleh orang yang ahli atau berpengalaman di bidang nya.

terima kasih sudah berkunjung !