Makanan diet sehat yang baik dikonsumsi sehari-hari

Untuk anda yang sedang melaksanakan program diet mau tidak mau harus mengatur serta menjaga pola makan yang baik. untuk itu untuk membantu diet anda banyak makanan diet yang bisa anda konsumsi. Akan tetapi, berikut ada beberapa makanan diet sehat yang mungkin bisa jadi pedoman anda diantaranya adalah :

1. Oatmeal

Yang pertama adalah oatmeal. Oatmeal merupakan makanan diet yang paling banyak dikonsumsi bagi yang sedang menurunkan berat badan. Bahkan oat meal bisa jadi makanan sehat yang harus di konsumsi untuk anda siapkan setiap harinya dalam daftar menu anda.

 

manfaat makan oatmeal

Para peneliti dari University of California telah melaksanakan studi selama kurang lebih 6 tahun untuk membuktikan bahwa oatmeal adalah salah satu menu yang paling baik untuk membantu menurunkan berat badan seseorang.

hasil dari penelitian tersebut bahwa orang yang sarapan dengan menu oatmeal, mempunyai indeks massa tubuh yang rendah jika dibandingkan dengan orang yang selalu sarapan dengan mengkonsumsi makanan dengan menu yang lain selain oatmeal. Dikarenakan oatmeal adalah makanan yang mengandung indeks glikemik yang rendah dan serat yang cukup tinggi.

oatmeal bisa menghasilkan energi karena di dalam nya terkandung fosfor, magnesium, protein juga vit B1 sehingga membuat orang yang mengkonsumsinya tetap fit dan semangat untuk melakukan aktifitas.

Selain baik untuk membantu menurunkan berat tubuh, oatmeal juga dapat menormalkan kadar gula darah serta kadar kolestrol yang ada di dalam tubuh. untuk itu anda jangan ragu untuk sarapan dengan oatmeal karena terbukti khasiatnya untuk membantu diet anda.

2. Apel

Buah ini adalah buah yang paling banyak digemari orang ketika sedang dalam program diet. Buah apel ini baik yang berwarna hijau ataupun merah mengandung zat gizi yang baik dan bisa membantu anda dalam menurunkan berat badan. buah apel yang ukuran kecil atau dengan berat sekitar 85 gr, hanya mengandung 12 karbohidrat dan 50 kalori.

Apel juga bisa membuat menahan lapar lebih lama karena didalamnya terdapat serat larut air sehingga anda tidak cepat lapar. yang berarti apel bisa dijadikan untuk selingan ketika makan, untuk mencegah anda mengkonsumsi makanan lebih banyak atau berlebihan. Buah apel juga sangat aman untuk penderita diabetes karena di dalam nya terdapat tingkat indeks glemik yang rendah, sehingga baik untuk membantu menurunkan berat badan anda.

3. Putih telur

menu diet yang satu ini biasanya dikonsumsi oleh para binaragawan untuk membantu kesehatan tubuh. karena putih telur rendah lemak dan tinggi protein sedangkan kuning telur tidak baik untuk anda yang sedang diet. jadi, putih telur sangat baik untuk dijadikan salah satu menu diet untuk anda.

lemak dalam putih telur sangat rendah yaitu sekitar 0,17 gram sedangkan dalam 100 gram telur mengandung protein sebanyak 10,9 gram. tinggi protein rendah lemak sehingga anda tak perlu takut bertambah lemak dalam tubuh.

putih telur tak memiliki kandungan karbohidrat juga tidak punya nilai indeks glikemik. sehingga aman sekali di konsumsi oleh orang penderita diabetes yang sedang melakukan diet sehat.

Walaupun rendah lemak tetap anda harus mengonsumsi nya dalam jumlah yang cukup dan tidak berlebihan di sesuaikan dengan kebutuhan. supaya nutrisi anda terpenuhi sandingkan putih telur dengan menu diet sehat yang lainnya.

4. Brokoli

Sayuran ini harus dijadikan menu andalan untuk diet sehat anda. dikarenakan brokoli kaya dengan serat, vitamin, mineral dan yang paling penting rendah kalori. Dalam satu gelas penuh dengan potongan brokoli hanya memiliki 30 kalori saja. sedangkan untuk serat brokoli hanya mengandung 5 gram serat yang akan membuat anda merasa kenyang seharian tanpa cepat lapar.

Tidak hanya itu, pada orang dengan diabetes, sayur jenis ini mampu membantu mengendalikan kadar gula darah. Jadi, gula darah anda tidak akan naik walaupun makan sayur brokoli sebanyak mungkin.

5. Ikan

Selain dari sudah di jelaskan di atas. anda bisa memasukan ikan kedalam menu diet sehat anda. ikan memiliki jenis lemak omega 3 yang bagus untu kesehatan otak. tidak seperti hal nya daging. lemak omega 3 biasanya terdapat dalam ikan yang diambil dari perairan laut yang dalam seperti ikan tuna, ikan salmon dan ikan san makarel

Selain itu para peneliti Swedia melakukan studi dengan mengungkapkan bahwa orang yang mengkonsmsi menu ikan pada malam hari, cenderung mendapat asupan 11% sangat rendah di bandingkan dengan orang yang makan daging.

Dengan asupan yang cukup dan tidak terlalu banyak adalah cara terbaik bagi bagi penderita diabetes untuk menjaga penyakitnya. perlu di ingat  mengonsumsi ikan dengan cara di goreng sebaik nya dihindari supaya manfaat ikan lebih optimal. sebaiknya ikan di proses dengan cara dikukus. karena minyak mengandung lemak dan akan menumpuk dalam tubuh anda.

7. Camilan yang rendah kalori

Ngemil menjadi kebiasaan yang sulit untuk dihindari. tapi bagi anda yang sedang dalam program diet tidak perlu takut untuk ngemil. karena sekarang banyak cemilan sehat yang di jual di market-  market sebagai makanan diet sehat anda.

dengan syarat cemilan yang anda konsumsi terbukti rendah kalori dan tidak mengandung tinggi gula. Untuk itu selalu periksa label gizi yang ada dalam kemasan makanan. anda harus mencermati kandungan lemak, gula dan kalori dalam cemilan tersebut.

Untuk membuat menu diet sehari- hari sebenarnya sangat lah mudah, selama cemilan dan makanan yang kita konsumsi itu mengdung serat, karbohidrat, protein dan sedikit lemak. berikut adalah beberapa masukan untuk diet sehat yang mungkin bisa anda terapkan untuk membantu program diet anda :

berikut adalah menu diet sehat yang mungkin bisa dijadikan referensi untuk anda yang sedang melaksanakan diet sehat

Menu diet sehat 1

Sarapan

  • kopi atau teh diberi sedikit gula jangan terlalu manis, dan jangan sampai ditambah dengan susu
  • Dua roti gandum yang diolesi dengan menteg.

Makan siang

  • daging dada ayam yang di panggang dan diolesi dengan butter juga bisa dengan minyak zaitun.
  • Sayur mayur yang di rebus (jagung, brokoli, wortel) dan kentang yang di haluskan)
  • Segelas air putih

Makan malam

  • daging steak yang tidak ada lemak nya
  • kentang yang sudah dihaluskan (ditumbuk)
  • Segelas air putih

Camilan

  • Apel

Menu diet sehat 2

Sarapan

  • segelas yogurth yang dicampur dengan madu
  •  pisang Satu buah
  • Segelas air putih

Makan siang

  • Makaroni yang dicampur salad sayur biar lebih sehat campur minyak zaitun.
  • Segelas air putih

Makan malam

  • daging dada ayam yang di rebus tanpa kulit
  • Setup kacang merah dan brokoli
  • Segelas air putih

Camilan

  • Granola bar

Menu diet sehat 3

Sarapan

  • telur yang di rebus dengan tambahan keju

Makan siang

  • Nasi merah
  • Pepes ikan
  • tempe atau tahu yang direbus

Makan malam

  • sayuran yang dibuat salad tambah jamur, minyak zaitu jangan lupa di tambahkan persaaan jeruk lemonsupaya lebih lengkap bisa juga ditambah dada ayam, udang dan ditaburi keju.
  • Segelas air putih

Camilan

  • Jus buah asli tanpa pemanis tambahan

perlu di ingat sarapan merupakan hal harus dilaksanakan walaupun anda sedang dalam program diet. yang penting makanan yang dikonsumsi tidak ttinggi lemak dan tinggi kalori. menu sarapan anda dianjurkan yang mengandung protein dan serat supaya tetap kenyang  dan bertenaga ketika beraktifitas di siang hari. untuk cemilan yang tadi dicantumkan diatas sifat nya tidak baku anda bisa menghilangkannya apabila sama sekali tidak diperlukan.

semoga artikel ini bermanfaat ! terima kasih.