Macam-Macam Diet

Memilih merupakan sesuatu yang cukup membingungkan. Termasuk orang yang ingin menurunkan berat badan yang ingin memilih jenis diet. Karena banyak orang yang salah melangkah dengan memutuskan memilih diet tapi hasilnya malah gagal, justru sebaliknya menjadi dampak buruk untuk kesehatan. Sebelum memutuskan memilih diet kita ketahui dulu apa itu diet dalam arti yang sebenarnya. Karena tidak sedikit orang yang salah mengartikan kata diet dengan kebiasaan sedikit makan agar turun berat badan. Padahal anggapan tersebut kurang tepat. Diet berasal ari bahasa Yunani dalam artian cara hidup. Berarti diet adalah cara hidup kita dalam kehidupan sehari- hari. Diet juga bisa kita artikan sebagai memilih dan mengatur makanan supaya tercapai ya tujuan tertentu, misalnya menghindari penyakit, menurunkan bobot tubuh, mengendalikan kadar kolestrol dan lain sebagai nya.

Pada umunya, diet adalah salah satu cara yang dianggap untuk mendapatkan kesehatan yang lebih baik. terutama bagi orang yang mengidap penyakit tertentu yang mengalamai gangguan kesehatan, ataupun untuk memperbaiki penampilan. Akan tetapi, pada dasarnya selain alasan kesehatan, menurunkan badan adalah salah satu upaya untuk melakukan diet yang banyak di utarakan orang banyak. Bahkan pilihan diet dengan alasan mengurangi lemak dalam tubuh ini terbilang cukup berat dan sulit.

Karena banyaknya orang yang melakukan program diet. Sehingga menyebabkan banyaknya jenis diet yang banyak dikenal di khalayak umum. Bahkan bebarapa jenis diet sangat umum dan populer banyak dipakai oleh orang banyak. Apalagi diet yang dilaksanakan oleh seorang public figure yang selalu jadi perhatian banyak orang.

Seiring perkembangan zaman metode diet semakin hari semakin terus berkembang ditunjang dengan adanya teknologi di era modern ini. Namun, masih banyak metode klasik yang sering dipakai oleh kebanyakan orang dengan alasan lebih aman dan menyehatkan.

 

Diet

Akan tetapi, apapun alasan kita menjalankan diet, kamu harus tetap memikirkan matang- matang untuk memilih diet yang aman dan cocok bagi kesehatan tubuh kita. jangan sampai berdampak buruk bagi kesehatan. Hal ini sangat penting karena bnyak orang yang gagal dari diet walaupun sudah berjuang dan berupaya keras.

Jadi jangan sampai anda menjalankan program diet dengan hasil yang sia- sia. Anda sudap bersusah payah namun tidak mendapatkan hasil yang dicita- citakan. Untuk itu sangat lah penting anda memahami jenis diet yang cocok untuk kamu laksanakan. Hal ini bisa menjadi langkah awal untuk membantu mencapai tujuan diet sesuai dengan target yang diharapkan.

Karena bagaimanapun juga, diet sangat erat hubungannya dengan niat yang kuat dan kedisiplinan juga kesabaran. Sebab pada umunya diet bisa berhasil jika dilakukan dalam jangka waktu yang cukup lama.

Pada artikel kali ini akan dibahas juga mengenai beberpa jenis diet yang mungkin bisa menjadi referensi bagi anda yang ingin melaksanakan program diet, berikut penjelasan singkatnya :

1. Diet Nasi Putih

Nasi Putih

Semangkuk nasi putih

diaet yang satu ini terkenal cukup populer dan banyak dilakukan orang. sesuai dengan namanya, diet ini dilaksanakan dengan cara sama sekali tidak memakan nasi putih. karena nasi putih mempunyai kadar kolestrol yang cukup tinggi yang bisa mengakibatkan penyakit obesitas dan penyakit diabetes.

Dan sebagai ganti nya diet ini  hanya memakan menu selain nasi putih. yaitu makanan pokok yang emngandung karbohidrat lainnya seperti kentang, jagung dan nasi merah. karena semua makanan pokok tersebut memiliki jumlah kalori yang sangat rendah jika dibandingkan dengan nasi putih

2. Diet Nasi Merah

Nasi Merah

Sepiring nasi merah

berbeda halnya dengan nasi putih yang tidak mengonsumsinya. diet nasi merah ini justru disarankan untuk mengonsumsinya. akan tetapi nasi merah ini harus dikombinasikan dengan lauknya yang lain dan diutamakan adalah dada ayam tanpa kulit

Diet yang satu ini bisa menjadi opsi yang harus anda lakukan untuk mengecilkan badan karena anda tidak meninggalkan makanan pokok dari beras. Karena bila normalnya makan 3 kali sehari untuk diet nasi merah ini bisa dilakukan 5 sampai 6 sehari.

3. Diet GM

GM Diet Perbanyak konsumsi air mineral, susu, dan buah pisang untuk diet GM

Diet Generals Motors (GM) adalah diet yang cukup dikenal.  Diet ini mengharuskan kita banyak minum air putih dan dan tidak mengonsumsi minuman beralkohol. lalu minum susu kedelai minimal 3 gelas dalam sehari dan mengonsumsi buah pisang sebanyak 8 buah. Diet GM ini dikenal bisa  menurunkan berat badan hingga 6-9 kg dalam seminggu.

4. Diet Makanan Tanpa Rasa

Bumbu Masakan Semua makanan dimasak tanpa bumbu pada diet tanpa rasa ini

Diet berikutnya adalah diet yang unik namun sangat ampuh untuk menurunkan berat badan. bagaimana tidak diet ini menuntut kita untuk mengonsumsi makanan yang tanpa bumbu yang pastinya tidak ada rasanya atau hambar.

karena makanan yang tanpa rasa akan membuat kita tidak nafsu untuk makan. sehingga kita makan hanya sekedarnya dan tidak berlebihan diet ini hanya makan makanan yang tidak dibumbui dan tidak digoreng sama sekali.

5. Diet Ketofastosis

DIet Ketofastosis 

Karbohidrat yang menjadi sumber tenaga. pada diet ini anda harus meninggalkan makanan yang mengandung karbohidrat dalam jangka waktu sekitar  6-12 jam. dalam diet ini hanya mengandalkan makanan yang yang bersumber dari hewani sebagai sumber tenaga seperti ikan, keju, daging sapi, susu, telur dan yang lain nya. untuk kamu yang vegetarian yang menonsumsi sayuran akan terasa aneh dengan pola makan yang sperti ini.

6. Diet Katogenik

Diet Katogenik

Menu untuk diet katogenik sedikit protein dan karbohidrat tinggi lemak

Untuk jenis diet ini hanya di khususkan bagi orang yang penderita penyakit epilepsi. Akan tetapi bagi anda yang mempunyai badan langsing dan kurus diet ini cukup baik  dan efektif untuk dilaksanakan.

Diet kategonik ini dianjurkan untuk makan makanan yang banyak lemak sedikit protein dan karbohidrat. Pada umum nya di sarankan mengonsumsi makanan berlemak tinggi seperti daging, telur, sosis, tuna, udang, es krim, mayonnaise dan makanan lain yang mengandung rendah tinggi lemak dan rendah karbohidrat.

Akan tetapi, pada diet kategonik ini harus menghindari makanan yang mengandung zat tepung dan juga gula seperti sayur mayur, buah- buahan, pasta dan roti.

7. Diet Rendah Lemak

Makanan Rendah Lemak

Buah-buahan dan sayuran adalah makanan rendah lemak

Apabila anda melaksanakan diet yang satu ini, makan anda harus mengonsumsi makanan rendah lemak. Akan tetapi, bukan berarti sama sekali tidak mengonsumsi makanan yang berlemak. Untuk menambah energimu anda harus tetap makan makanan mengandung lemak namun dalam jumlah yang tidak banyak atau berlebihan.

yang paling penting adalah anda tidak makan makanan yang mempunyai kadar lemak jenuh. Seperti makanan yang di goreng dengan minyak yang banyak atau pada umum nya terdapat pada gorengan yang sering kita jumpai dimana saja.

 

semoga artikel ini bermanfaat ! terima kasih

Dan selamat mencoba