Cara Sehat Menurunkan Berat Badan

mempunyai berat tubuh ideal adalah kebanggan tersendiri bagi semua orang karena akan tampil lebih percaya diri. akan tetapi terlalu kurus atau kelebihan berat badan adalah sesuatu yang ditakuti dan pasti nya menyebalkan.

 

suplemen makanan sangat bermanfaat untuk mengendalikan nafsu makan dan memacu makan bertambah. pola makan yang teratur dan benar akan membuat nafsu makan lebih baik dan berat badan yang kurang sudah seharusnya menambah suplai makanan sampai porsi makan bertambah atau lebih anyak dari porsi makanan sebelumnya.

Akan tetapi setelah bertambah berat badan, banyak orang yang tidak kontrol nafsu makan sehingga pola makan jadi tidak teratur. alhasil berat badan menjadi terus bertambah. pola makan yang tidak terkontrol baik makanan ringan maupun yang berat adalah kebiasaan buruk yang harus dihindari karena hal ini buruk untuk kesehatan tubuh. dan akan memicu terjadinya penyakit obesitas.

pasti banyak yang terlintas dalam pikiran seseorang ingin menurunkan berat badan dengan waktu yang relatif singkat merupakan kepuasan tersendiri. Benar sekali, dalam waktu yang sebentar dan cepat meurunkan berat badan sangat memberikan kepuasan yang sangat di inginkan orang banyak. Tapi apakah kita sudah tahu dampak negative dan positif untuk kelangsungan tubuh kita? dan efek samping yang ditimbulkan?

Kemudian bagaimana cara untuk membuat tubuh sehat tanpa ada efek samping dan negative nya?

Mengapa terjadi overwight (kegemukan)?

 

Adapun secara garis besar kegenukan disebabkan karena 6 faktor, yaitu :

1. Faktor Genetik

33% berat badan seseorang terjadi karena faktor keturunan/genetik. ini hasil penelitian para ahli kesehatan yang meninjau atau mempelajari faktor ini.

2. Faktor Lingkungan

faktor ini berhubungan dengan pola hidup yang sehat disekitar lingkungan seseorang.

3. Faktor Psikis

tidak sedikit orang yang pola makannya tidak terkontrol dikarenakan reaksi dari kondisi kejiwaan seseorang. sehingga melampiaskan emosional nya terhadap makanan dan pola makan jadi tidak teratur.

4. Faktor Kesehatan

Banyak diantara penyakit yang menyebabkan seseorang menjadi kegemukan misalnya kelainan syaraf

5. Obat – obatan

anti depresi dan obat jenis steroid diantara obat yang bisa menimbulkan kegemukan pada tubuh seseorang.

6. Faktor Perkembangan

anak yang dalam masa pertumbuhan atau perkembangan dan sudah gemuk biasanya memiliki penyimpanan lemak 5 kali lebih banyak jika menginjak usia dewasa. sehingga beresiko overweight yang lebih besar. akan tetapi, hal ini masih bisa diantisifasi.

diantara faktor diatas yang paling mempengaruhi resiko kegemukan adalah faktor lingkungnan (pola hidup) yang kurang sehat. hal ini sangat memberi kontribusi besar akan resiko berat badan seseorang. diantara pola hidup yang termasuk tidak sehat antara lain : makan makanan yang berminyak/berlemak yang berlebihan, sering ngemil, tidur terlalu malam (bergadang), tidak berolahraga atau olah raga tidak teratur dan lain sebagainya