Cara Menurunkan berat Badan Wanita Menyusui

setelah melahirkan banyak ibu yang merasa bermasalah dengan badan nya tidak nyaman karena bertambah berat dan besar ketika sebelum melahirkan. Oleh karena itu banyak ibu pasca melahirkan dan menyusui ingin menurunkan kembali berat badan nya. Padahal ibu menyusui banyak memerlukan nutrisi darpada sebelum melahirkan. Sebaik nya para ibu jangan membatasi porsi makan sehingga nutrisi dan gizi kurang terpenuhi padahal kesehatan bayi adalah yang terpenting. berikut adalah kiat untuk menurunkan berat badan bagi ibu yang menyusui, simak penjelasannya !

1. Jangan diet

kurangi makan anda dengan makan sedikit demi sedikit. jangan sampai  kebutuhan kalori anda kurang dari 1800 kalori, angka tersebut adalah batas bagi anda. Selain itu anda harus memenuhi zat gizi seperti asam folat, zat besi, vitamin C dan protein. Jangan lupa konsumsi ikan berlemak atau kacang-kacangan yang mengandung asam lemak omega-3 untuk perkembangan otak bayi.

ketika anda punya bayi, pasti anda akan tersibukkan dengan mengurus bayi anda. Dengan banyak nya aktifitas mengurus sang buah hati, sebenarnya hal tersebut sudah membantu anda untuk menurunkan berat badan. Suami Anda pun pastinya mengerti tentang bagaimana keadaan Anda yang harus makan lebih banyak. Untuk lebih aman nya anda di perbolehkan menurnkan berat badan ketika produksi ASI stabil kira- kira bayi umur 2 bulan.

2. Makan sedikit tapi sering

Ketika menurunkan berat badan, mungkin anda akan mengatur porsi makan anda. Namun, ternyata yang sebaiknya Anda lakukan adalah makan lebih sering dengan porsi yang lebih sedikit.Dengan cara tersebut anda akan selalu merasa kenyang, sehingga anda akan mengontrol nafsu makan anda setiap akan makan. Dengan hal tersebut nutrisi dan kalori anda akan terpenuhi.

Jika Anda jarang makan dan merasa terlalu lapar, hal ini justru dapat mendorong Anda untuk makan lebih banyak. Dengan jeda waktu makan yang akan menimbulkan efek dan dapat memproduksi ASI lebih banyak. Cadangan energi akan di pakai oleh tubuh Ibu menyusui, hal ini dapat memengaruhi kadar hormon tiroid dan produksi insulinmenurunkan. Selanjutnya, hormon prolaktin yang mengontrol produksi ASI juga ikut menurun.

3. Tetap menyusui tanpa ada batasan

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa menyusui secara eksklusif 6 bulan dapat membantu Anda untuk mendapatkan berat badan Anda kembali, seperti sebelum hamil.Banyak bukti yang menunjkukan bahwa menyusui sangat baik untuk kesehatan bayi. jadi untuk apa anda membatasi menyusui hanya karena takut badan menjadi bertambah berat. ingat pertumbuhan bayi sangat penting.

4. Minum yang banyak

Dengan banyak minum ibu menyusui akan terhindar dari penyakit sembelit dan dehidrasi atau kekurangan cairan dalam tubuh. Selain itu, minum juga dapat menghindari Anda dari lapar palsu yang sebenarnya Anda sudah kenyang tapi ingin makan. menurut penelitian metabolisme tubuh akan cepat ketika asupan air dalam tubuh terpenuhi.

sediakan air minum selalu di dekat anda supaya ketika haus anda tidak menunda nya. Di anjurkan minum air putih sebanyak 8 gelas dalam sehari untuk mencukupi cairan dalam tubuh. perhatikan warna urin anda.warna urin yang gelap pertanda bahwa anda kurang cairan sehingga anda harus banyak minum. sedangkan urin yang bening pertanda baik bahwa cairan dalam tubuh terpenuhi.

Juga, sebaiknya minum air putih. Batasi atau bahkan hindari minuman yang mengandung kafein, seperti teh, kopi, dan minuman bersoda, karena dapat mendorong cairan tubuh Anda keluar lebih banyak.

5. Lakukan olahraga secara teratur

Untuk menurunkan berat badan upaya mengurangi asupan makan memang penting. Selain itu, harus di imbangi dengan olah raga yang teratur. olah raga sangat penting untuk membantu membakar kalori berlebih dalam tubuh. Sehingga membantu sekali dalam mempercepat menurunkan berat badan. selain badan menjadi sehat ibu menyusui akan mengurangi setress dan tidur lebih lama.

Untuk menurunkan berat badan anda tidak usah melakukan olah raga yang berat. Melakukan olahraga ringan saja sudah cukup, seperti berjalan santai dengan mendorong kereta bayi Anda. Kegiatan ini sudah mampu membantu otot Anda bekerja.

6. Tidur yang cukup

Dengan tidur yang cukup anda akan mendapat tubuh yang sehat dan dan mempercepat menurunkan berat badan. Ketika kita lelah tubuh akan melepaskan hormon setres dan hormon kortisol. hormon tersebut dapat memancing berat badan. kesalahan terjadi ketika sedang cape dan lelah anda akan memilih makanan yang tidak sehat untuk memnuhi nafsu makan anda. Oleh karena itu tidur yang ckup akan membantu anda menurunkan berat badan. Anda dianjurkan tidur sekitar 7-8 jam per hari. anda dapat tidur lebih awal jika bayi anda terbangun dan rewel pada malam hari.

Jika Anda ingin menurunkan berat badan saat menyusui atau setelah melahirkan, sebaiknya turunkan berat badan Anda secara bertahap, setidaknya 0,5-1 kg per minggu (jangan lebih dari ini). Anda jangan menyerah dan putus asa karena setiap orang orang punya kecepatan berbeda dalam menurunkan berat badan. Proses nya harus anda penuhi dan nikmati sehingga badan anda menjadi sehat dan mendapatkan berat tubuh yang ideal. Akan lebih baik lagi jika anda menerapkan pola hidup yang sehat dalam kehidupan sehari- hari dengan konsumsi makanan sehat dan olah raga yang cukup.

terima kasih !