Cara Membuat Makanan untuk Diet Sehat

Buat wanita mendengar kata diet seolah- olah menjadi beban karena dalam prosesnya selain membutuhkan waktu yang cukup lama, sedikit tersiksa karena tidak bebas dalam mengonsumsi makanan. Membutuhkan kesabaran yang ekstra sehingga ketika menjalankan diet menjadi pikiran dan beban pada tubuh. Hal ini wajar saja karena diet adalah upaya yang memang membutuhkan disiplin yang kuat.

Bagi pemula menjalankan diet yang ketat adalah suatu kondisi yang sangat  berat dan pasti akan sulit megikuti semua peraturan diet. Bagi anda yang ingin melaksanakan program diet tapi belum siap akan resiko yang di hadapi coba dari yang ringan dulu yaitu dengan mengatur menu makanan untuk. Mungkin ini bisa menjadi solusi sebelum anda melangkah ke diet yang lebih ketat.

Bagi pemula melaksanakan diet supaya lebih mudah dalam mengontrol asupan kalori kedalam tubuh. biar lebih sehat dan terjaga pola makan nya dianjurkan untuk membuat sendiri menu diet sederhana dari pada harus membeli keluar yang belum jelas kesehatan dan baik untuk diet.

Berikut ada tips sederhana untuk anda pemula yang ingin menjalankan diet, simak penjelasan nya :

Menu Sarapan Pagi

Sebelum melakukan aktifitas di pagi sampai siang hari anda membutuhkan tenaga. Sarapan sangat penting walaupun anda sedang diet. Karena nasi memiliki kandungan gula dan kalori yang tinggi anda bisa menggantinya dengan roti gandum atau oatmeal untuk sumber energi ketika melakukan berbagai macam aktivitas..

Makan yogurt dengan oatmeal atau susu di pagi hari bisa mengganti energi atau kalori. Jika belum terbiasa anda bisa memilih roti gandum yang di olesi selai kacang atau bisa juga buah- buahan. Dan jangan sekali- kali mengoles roti dengan mentega atau cokelat karena 2 hal tersebut mengandung lemak yang tinggi. Untuk penutupnya anda bisa makan pisang, apel atau jus buah. Jika anda ingin yang lebih simple anda cukup konsumsi pisang dan susu untuk menu sarapan anda.

 

Makan Siang

Menjelang siang perut akan tersa semaik lapar, pada waktu ini anda boleh makan karbo nasi dengan porsi yang kecil dan tidak berlebihan. Akan tetapi, lebih menggunakan nasi merah karena nasi mengandung sedikit kalori. Untuk lauk nya anda bisa memakai dada ayam, telur, daging dan ikan hal itu cukup menyambung energi dan rasa kenyang.

Di siang hari anda juga bisa melengkapi porsi makan dengan sayur mayur yang di olah menjadi sup. Jika tidak ada bisa diganti dengan tahu atau tempe. Lebih baik banyak minum air putih juga buah dan sayur unutuk menu makan siang sebagai pengganti cairan dalam tubuh.

Selain itu, untuk menu makan siang anda bisa mencoba daging yang dipanggang yang dikombinasikan dengan kentang rebus dan dibumbui bawang putih dan lada hitam. Atau yang sangat sederhana yaitu telur rebus juga wortel yang direbus, keju dan pisang bisa menjadi asupan nutrisi yang baik pada waktu siang hari. jika tidak sempat anda bisa membeli dluar dengan memesan sup ayam sayur sebagai penggantinya.

Makan Malam

Walaupun sedang diet anda dianjurkan untuk makan di malam hari. Karena walaupun tubuh tidak beraktivitas, organ dalam tubuh masih membutuhkan makanan untuk bekerja dan di olah. jika sering melewatkan makan malam tidak baik bagi kesehatan organ  dalam tubuh.

sebagai solusi nya pada malam hari anda bisa makan salad sayur atau lalap dang jangan lupa agar minum banyak air putih yang hangat untuk menghindari dehidrasi dan meningkatkan metabolisme tubuh. jika masih belum cukup anda bisa makan 2 lembar roti gandum yang di olesi madu dan bisa menambahkann nya dengan membuat tumis ayam brokoli sebagai penutup anda bisa minum jus.

Dalam diet anda tidak boleh menyiksa diri tapi anda bisa berinovasi dengan menu makanan yang tiap hari anda konsumsi. dengan syarat jauhi makanan yang berlemak dan digoreng. Juga makanan yang mengandung gula untuk menu utama perbanyak makan sayuran dan buah. Makan pisang dan apel sebagai penutup jangan lupa perbanyak minum air putih unutuk membantu pencernaan dan akan membantu mempercepat rasa kenyang.

Di bawah ini ada cara membuat menu yang sederhana sebagai menu sehat anda, mungkin anda bisa coba di rumah :

untuk menu dengan bahan utama sayuran seperti lalapan tanpa bumbu dan salad. atau bisa diolah menjadi sup yang  dicampur sedikit garam sebagai penyedap.

untuk buah- buahan bisa anda konsumsi pir, jeruk, apel atau pepaya.
Apabila belum terbiasa dengan menu tanpa nasi sebagai pengganti anda bisa siapkan ubi, jagung, gandum dan singkong rebus atau dipanggang.
Atau yang lebih mudah kntang, wortel, kubis dan telur yang direbus. Jika inngin makan mie disarankan untuk makan mie bihun. Apabila sudah terbiasa mengurangi porsi nasi anda bisa makan roti gandum dan selai kacang unutuk protein nya. ikan bakar dan lalap daging sapi yang dipanggang dan salad. serta menu lain nya yang tidak mengandung lemak. Memakan telur orak arik dengan roti juga akan mengisi asupan nutrisi ladies.

Jika anda suka menu makanan mentah shusi tuna sangat baik untuk yang lagi diet.
Apabila merasa lapar sebelum jam makan seperti pagi dan sore hariand bisa minum jus sayuran seperti bayam kol, sawi dan memasak brokoli untuk menu diet. Dengan konsumsi buah dan sayur akan mengurangi nafsu makan dan akan menambah asupan vitamin.

Walaupun anda yang sedang diet tidak mengonsumsi makanan berlemak, Akan tetapi nutrisi dari lemak sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga energi. Untuk yang diet bisa memnuhi asupan energi bersumber dari kacang- kacangan, keju, susu atau kuning. Jangan lupa untuk menjauhi minuman yang berkafein seperti kopi dan teh atau minuman yang bersoda dan pemanis gula juga minuman yang ber warna anda harus menggantinya dengan banyak minum air putih supaya lebih sehat.

Dan jika perlu minum minuman herbal untuk membantu diet sehat anda seperti kayu manis campur madu, teh hijau hangat dan air jeruk campur madu hangat sangat baik untuk melancarkan metabolisme dan membantu pembakaran lemak dalam tubuh.
Anda tidak perlu melakukan diet ekstrim dalam mendapatkan tubuh ideal yang sehat. Karena hal tersebut akan bahaya bagi kesehatan tubuh. Anda hanya perlu menjaga pola hidup yang sehat dan makan teratur setiap hari. Walaupun membutuhkan waktuyang lama tapi tuuh anda akan selalu sehat daripada dengan cara yang ekstrim dan waktu yang singkat tapi berbahaya bagi kesehatan tubuh. Dengan cara menu makanan sederhana ini akan membantu anda mengatur pola makan yang baik dan membantu diet sehat anda.Jangan lupa untuk beraktivitas dan olah raga yang rutin untuk menguatkan fungsi jantung dan membakar lemak di tubuh lebih cepat.