Cara Diet Yang Baik Menurut Para Ahli

Artikel ini akan sangat membantu anda yang sedang diet ataupun yang akan menjalani diet guna menurunkan berat badan yang berlebih. Panduan dari para ahli dalam menjalani program diet memang penting agar diet yang dijalani berjalan baik dan benar. Jangan sampai anda salah dalam menjalankan diet yang berakibat buruk terhadap kesehatan. Apalagi dewasa ini ada banyak sekali jenis diet serta banyak pula yang menawarkan program diet dengan tarif dan harga yang beragam.

Diet tak selamanya harus menyiksa. Paling tidak, begitulah menurut sejumlah ahli.  Memang perlu melakukan diet penurunan bobot tubuh, tapi lakukanlah dengan cara yang benardi bawah pengawasan dokter, untuk langsing juga perlu usaha. Tetapi kalau anda tahu strateginya ternyata tidak terlu rumit, kok.berikut kiat menjalankan diet yang benar menurut parah ahli sebagai panduan anda berdiet.

Tips Menjalankan Diet Yang Benar Menurut Parah Ahli

Bagi anda yang akan menjalani diet ada baiknya membaca terlebih dahulu tips dan cara menjalankan diet yang benar dari beberapa ahli berikut ini:

1. Hilangkan Pikiran Negatif (Pete Cohen)

Tips diet pertama dari Pete Cohen seorang penulis buku slimming menjelaskan, Berhenti memikirkan hal-hal negatif seperti perut yang membuncit atau tidak bisa makan coklat sebagai gantinya, bayangkan diri anda lebih langsing, lebih benar dan lebih sehat. Semakin nyata bayangan tersebut, semakin anda percaya diri untuk meraihnya. setiap kali berpikir soal makan misalnya tanyakan pada diri sendiri seberapa lapa anda pada skala 1-10. kalau merasa skor anda dibawah 5, coba untuk tidak makan atau paling tidak tunda sejenak. ( Pete Cohen, Sports Psycologist, personal trainer dan salah satu penulis buku slimming wiht pete : Taking The Weight Off Body anda Mind ).

2. Perbanyak Konsumsi Sayur-sayuran segar (Dr. Gillian Mckeith)

Tips kedua dari Dr. Gillian Mckeith, Ahli Gizi klinis, menurutnya, kebanyakan wanita yang ingin menurunkan berat badan mengalami defisiensi magnesium. Padahal, magnesium berguna untuk mengubah makanan menjadi energi, bukannya menjadi lemak. Untuk itu, perbanyak makan sayuran dan buah- buahan yang segar.

Memasang terlalu matang cenderung menghilangkan nutrisi penting dalam makanan. Terlalu sering makan masakan yang overcooked juga akan membuat perut dan linfe mudah mengalami gangguan.Untuk memperkaya enzim dalam tubuh imbangi dengan makan biji- bijian atau gandum sehingga metabolisme dalam tubuh menjadi baik Berarti anda juga sudah membantu tubuh melakukan penurunan berat badan dengan cara yang lebih sehat.

3. Melatih Kebiasaan-kebiasaan Baik (Prof. Dr. Au Khomsan)

Tips ketiga dari Prof. Dr. Au Khomsan, Ahli Gizi masyarakat menurutnya, Taruhlah bahwa anda memang perlu berdiet, untuk mendukung program diet tersebut coba kembangkan kebiasaan baik anda. Ujung-ujungnya akan membantu anda menjaga pola makan dan mempertahankan bobot tubuh. Satu diantaranya adalah kebiasaan membaca label kalori yang tertera di makanan kemasan. Makan malam tidak terlalu larut memberi kesempatan pada pencernaan untuk membereskan pekerjaan lebih cepat. Hasil metabolisme juga masih sempat digunakan. Makan malam menjelang tidur akan membuat pencernaan menjadi kurang optimal. Dan akan menyebabkan lemak tertimbun dalam tubuh.

 

4. Makan Porsi Yang Sama Setiap Hari (Joanna Hall)

Tips diet keempat dari Joanna Hall, Konsultan Gaya Hidup, Spesialis Nutrisi dan olahraga menurutnya, Konsisten dalam hal pemasukan kalori setiap hari memang sangat penting. Saat asupan kalori rata-rata perhari masih dalam batas normal (misalnya 1500 kalori). Karena itu menjaga kestabilan pemasukan nutrisi dan kalori harian merupakan cara penting untuk mencapai bobot tubuh yang sehat yang bertahan lama.Apabila hari ini makan banyak jangan siksa diri anda dengan makan sedikit pada esok harinya. tetap makan sewajarnya dengan memilih makanan yang sehat.

5. Tak Asal Kenyang dan Senang (Dr. Elvina Karyadi, Phd)

Tips diet kelima yang benar menurut Dr. Elvina Karyadi, Phd, spesialis Gizi Seam Tropmed adalah Pertama-tama pastikan anda senantiasa mendapatkan asupan nutrisi yang dibutuhkan untuk mencapai bentuk tubuh langsing. Cermati bahwa makanan yang bernutrisi tinggi yang melangsingkan tidak selalu membuat anda kenyang dan senang. Karena itu makanan yang hanya menyenangkan dan mengenyangkan. makanan semacam ini biasanya berupa tiga jenis cemilan antara lain Gaoreng-gorengan, Makanan tinggi kalori dan makanan manis. Lain lagi ceritanya bila gorengan makanan yang tinggi kalori ini hadir dalam bentuk camilan. Selain nilai nutrisi minim cemilan juga cenderung dikonsumsi dalam jumlah banyak. terus menerus dan membuat penasaran. disitulah letak bahayanya, anda bisa kenyang dan senang dengan cemilan macam ini. tetapi jangan harap anda menjadi sehat dan langsing.

6. Pertimbangkan Kualitas Bukan Kuantitas (DR. SUSAN JEBB, Head of Nutrition anda healt)

Tips diet yang benar keenam menurut DR. SUSAN JEBB, Head of Nutrition anda healt yakni Coba anda cermati, bila sedang menikmati makanan yang betul-betul anda sukai, gigitan pertama dan terakhirlah yang akan terasa paling menyenangkan. Selebihnya bagian diantara gigitan pertama dan terakhir tidak terlalu besar artinya alias akan berlalu begitu saja dimulut anda.

Jebakan yang sering anda temui misalnya godaan to good to miss food (Ah, …chesse cake ini terlalu enak untuk dilewatkan). Anda boleh saja makan kue itu. tetapi tidak perlu mengambil potongan besar bukan? potongan kecil yang sedap sudah cukup memuaskan. Godaan lain adalah promosi rumah makan. Misalnya anda biasa makan sepiring Spaghetti porsi sedang, tetapi karena sedang ada promosi anda memilih porsi yang besar. Toh, dengan harga yang sama, anda dapat pori dua kali lebih besar. Nah, kalau itu yang terjadi anda sudah terjebak. ( DR. SUSAN JEBB, Head of Nutrition anda healt, the medical research Council’s Human Nutrition Resen Center, Cambridge Inggris ).

7. Banyak Minum Air Putih Bukan Mitos (PINNY P. SUTEIO)

Menurut PINNY P. SUTEIO yaitu Tak ada yang menyangkal pentingnya air putih bagi tubuh.Air memegang peran vital dalam hampir seluruh proses biologis, dari pernapasan, pencernaan hingga sirkulasi dalam tubuh.Air berfungsi membuang racun dan mengangkut nutrisi dalam tubuh. bagi yang diet air dapat menahan lapar. Air Mengandung kalori (zero kalori) yang tidak akan membuat tubuh menjadi gemuk baik dalam keadaan panas atau dingin.

 

8. Pilih Karbohidrat Kompleks (DR. PHAIDON LUMBAN TORUAN, MM)

Tips diet ke delapan yang benar menurut DR. PHAIDON LUMBAN TORUAN, MM yakni Salah satu Prinsip penting dalam Berdiet adalah memilih karbohidrat kompleks. Karbohidrat sederhana seperti gula pasir, makanan yang bergula, nasi putih, roti putih, mi instan, bubur ayam, atau minuman makanan manis yang memiliki warna kurang baik bagi tubuh. sebaliknya karbohidrat kompleks seperti nasi merah, rati gandum, pasta, oatmeal, ubi, jagung atau pisang lebih menguntungkan.

Itulah beberapa kiat diet yang benar menurut para ahli. Untuk anda yang sedang akan menjalankan program diet, tips dan cara diet yang benar dari beberapa ahli diatas bisa menjadi panduan agar diet penurunan berat badan tidak salah.

Semoga Bermanfaat. terima Kasih