Cara Dan Makanan Diet Ketofastosis

Diet Ketofastosis

Diet Ketofastosis

Ketofastosis adalah gabungan kata dari ketogenic dan juga fastosis. Ketogenic yaitu diet dengan pola makan rendah karbohidrat, protein sedang dan tinggi lemak. Sementara fastosis diambil dari kata fast on ketosis yang diartikan organ liver menghasilkan ketone  sebagai sumber energi dan nantinya akan dipakai seluruh tubuh terutama otak. Ketosis  terjadi ketika tubuh sudah tidak ada asupan karbohidrat atau glukosa yang dipakai  untuk sumber tenaga yang dihasilkan dari makanan. Dalam diet ini Gula dan karbohidrat adalah hal yang harus di hindari.

Cara Diet Ketofastosis

Tidak hanya mengonsumsi asupan makanan yang rendah karbohidrat juga protein sedang dan tinggi lemak. Akan tetapi, waktu konsumsi juga harus diperhatikan dengan 3 tahapan yang berbeda yaitu :

1. Fase Induksi

Pada fase ini yang diet dianjurkan untuk makan makanan yang bersumber dari kandungan lemak hewani seperti ayam, daging, telur, makanan laut.

2. Fase Konsolidasi

Dalam fase selanjutnya pelaku diet harus mengonsumsi makanan mengandung lemak hewani dan nabati juga berbagai sayur mayur yang mempunyai batang dan bunga.

3. Fase Pemeliharaan

Fase ini adalah gabungan dari fase induksi dan konsoliodasi. Selain itu dalam diet ini harus berpuaa yang dikenal dengan nama 16/8.maksudnya yaitu tidak makan selama 18 jam dan boleh makan hanya 8 jam saja. Makan malam pukul 8 dan puasa di lakasanakan hingga pukul 12 siang. Ketika menjalankan puasa pelaku diet diharuskan minum air putih sebanyak- banyak nyajuga makan VCO (virgin coconut oil) dan yang penting adalah harus menghindari makanan yang mengandung gula dan karbohidrat sama sekali.

 

Makanan yang Harus Dikonsumsi

Ketika menjalani diet ini, ada beberapa macam makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi terutama makanan rendah karbohidrat juga kandungan lemak nya tinggi.

1. Makanan Laut

Makanan LautMakanan laut seperti ikan dan kerang merupakan rekomendasi makanan baik untuk pelaku diet ini.Jenis ikan salmon dan kerang terdapat kandungan Vit B, Potasium, selenium dan rendah karbohidrat dan baik untuk dikonsumsi.

selain itu makanan laut yang rendah karbohidrat adalah udang, jenis kerang dan kepiting. sehingga anda bisa menjadikannya menu makan.

 

2. Sayuran Rendah Karbohidrat

Sayur adalah jenis makanan yang rendah kalori juga karbohidrat namun nutrisinya tinggi seperti mineral dan vit C. Selain itu mengandung serat yang tinggi sehingga bisa mengurangi jumlah karbohidrat dalam tubuh. sayuran yang bagus di konsumsi ketika menjalani diet ini adalah kembang kol, brokoli, juga kangkung yang dapat menanggulangi resiko penyakit kanker dan jantung.

3. Keju

KejuKeju merupakan makanan yang masuk kedalam menu untuk diet ini karena kandungan karbohidrat nya yang renda dan tinggi lemak. banyak jenis keju yang bisa di konsumsi. terdapat 28 gr keju cheddar dalam 1 ons keju juga 20 persen lemak, 7 gram protein, 1 gram karbohidrat dan 20  persen kalsium.

Dalam keju terdapat kandungan asam linoleat terkonjugasi untuk memperbaiki komponen dalam tubuh  dan termasuk lemak yang berkaitan untuk membantu penurunan lemak. Makan keju setiap hari bermanfaat untuk mencegah penuaan dini dan kehilangan masa otot.

4. Alpukat

dalam alpukat terdapat seberat 100 gr atau satu setengah alpukat yang berukuran sedang mengandung 9 gr karbohidrat akan tetapi tinggi beberapa mineral dan vitamin seperti kalium dan potasium. Alpukat juga berfungsi untuk mencegar kadar kolestrol jahat hingga 22 persen dan menggantinya dengan kolestrol baik dalam tubuh juga baik untuk kesehatan jantung.  Alpukat juga bisa di masukan ke dalam daftar menu diet ini.

5. Daging dan Unggas

Pada unggas dan daging terdapat kandungan vit B yang tinggi dan tidak mengandung karbohidrat. Juga beberapa mineral seperti selenium, potasium dan seng. Daging dan unggas juga adalah salah satu sumber protein yang sangat baik danbisa meningkatkan massa otot selama diet ini berlangsung. Dan diutamakan konsumsi daging yang diberi makan rumput karena mengandung lemak omega 3, antioksidan dan linoleat terkonjugasi yang sangat baik jjika dibandingkan dengan hewan pemakan biji- bijian. Daging dan unggas bisa dijadikan sumber protein dalam menjalani diet ini karena kebutuhan nutrisi akan tercukupi.

6. Telur

Telurtelur merupakan makanan yang sehat karena memiliki kadar karbohidrat yang rendah yaitu hanya kurang dari 1 gr saja dan 6 gram protein sehingga bisa menjadi pilihan makanan yang ideal bagi anda yang ingin menurunkan berat badan. selain itu telur juga bisa membuat anda merasa kenyang lebih lama juga menstabilkan kadar gula dan menurunkan kalori slama seharian penuh.

 

 

7. Minyak Kelapa

Kandungan dan manfaat dalam minyak kelapa sangat baik untuk yangmenjalani diet. minyak kelapa terdapat kandungan trigliserida yang sedang tidak seperti pada minyak yang lainnya. Juga terdapat Keton yang akan dijadikan sumber tenaga. Selain itu dalam minyak kelapa terdapat asam laurat merupakan kandungan yang berfungsi untnuk membantu menurunkan berat badan terutama mencegah penumpukan lemak dalam tubuh. ukuran pinggang akan berkurang hingga 1 inchi jiga mengkonsumsi minyak kelapa kurang lebih sehari 2 sendok makan.

8. Yogurt Yunani

Yogurt yunani jenis plain atau polos adalah yaogurt yang memiliki tingkat karbohidrat rendah yaitu hanya 5 gram karbohidrat dan 11 gram protein. Dengan mengonsumsi yogurt Yunani akan membuat anda tidak nafsu makan dan akan membuat anda lebih kenyang lebih lama dan tidak cepat lapar. Hal ini bisa di jadikan sebagai camilan untuk menunda rasa lapar. Agar nutrisi nya lebih lengkap maka lebih baik di campur dengan kayu manis, kacang dan pemanis buatan supaya lebih enak di lidah.

9. Minyak Zaitun

Minyak Zaitundalam minyak zaitu terdapat kandungan asam linoleta dan lemak tidak jenuh yang menjadi anti oksidan semakin tinggi  dan diknal dengan nama Fenol. Sehingga senyawa tersebut bisa melindungi kesehatan jantung dengan cara memperbaiki fungsi arteri dan mengurangi radang.

minyak zaitun adalah sumber minyak yang murni yang tidak terdapat karbohidrat didalam nya sehingga sangat baik dijadikan mayonaisse dan dressing yang sehat. Perlu di ingat hindari minyak zaitun pada saat memasak dengan suhu panas minyak yang rendah atau mencampurkan  masakan ke dalam makanan yang sedang dimasak karena minyak zaitun tidak stabil   dengan suhu yang tinggi sama seperti minyak jenuh.

10. Kacang dan Biji Bijian

macam- macam biji- bijian dan kacang kacangan adalah makanan yang sehat dan bergizi. rendah arbohidrat dan tinggi lema. sehingga termasuk menu makanan yang cocok untuk orang yang menjalankan diet ini. dengan mrutin mengonsumsi biji- bijian dan kacang aan mencegah dan menurunkan resiko penyakit jantung, kanker dan juga berbagai macam penyakit kronis lain nya. Selain itu kacang dan biji- bijian akan membuat anda kenyang lebih lama karena terdapat serat yang tinggi juga menyerap kalori lebih sedikit dari makanan yang anda konsumsi. diantara jenis kaacang dan biji- bijian yang bagus di makan setiap ahari selama diet ini adalah kacang almond, kacang mede, pistachio, macadamia, biji chia, biji labu, falxseed juga biji wijen