Berat Badan Bertambah Dengan Cepat, Apa Penyebabnya?

Ada kalanya sebagian dari kita merasa kebingungan dikarenakan tubuh yang dengan cepat bertambah gemuk. Tidak peduli bagaimana ketatnya kita menjaga asupan jumlah kalori dan kolesterol dalam makanan, tubuh dapat dengan cepat menambah berat badan. Jika anda adalah satu dari mereka yang mengalami masalah tersebut, maka arikel ini sangat cocok bagi anda.

Menurut berbagai penelitian, penyebab berat badan bertambah dengan cepat tidak hanya disebabkan karena pola makan yang buruk. Ada banyak faktor yang mempengaruhi bertambahnya berat badan kita, yang mana bahkan mereka yang melakukan diet makanan sehat pun masih beresiko bertambahnya berat badan dengan cepat. sebagian orang yang memiliki tubuh kurus kenaikan berat badan merupakan hal yang baik, tapi tidak bagi orang yang memiliki bobot tubuh normal.

Memiliki tubuh ideal dengan berat badan normal menjadi dambaan banyak orang selain menunjang penampilan menjadi lebih menarik juga dapat meningkatkan kepercayaan diri mereka. memang ada banyak cara untuk menurunkan berat badan dewasa ini, tapi agar cara yang dipilih benar-benar efektif tentu kita harus mengetahui dulu penyebabnya. Lalu apa saja yang menjadi penyebab berat badan bertambah dengan cepat? Berikut adalah ulasan lengkapnya.

Penyebab berat badan naik dengan cepat

1. Kurang Tidur

Hasil gambar untuk kurang tidur
Idealnya orang dewasa membutuhkan 7-9 jam dalam sehari. Selain menyebabkan tubuh kurang fit dan meningkatkan resiko berbagai penyakit, kurang tidur juga berperan aktif menyebabkan tubuh anda menjadi gemuk dengan cepat. Hal ini bisa terjadi sebab ketika kita kurang tidur, metabolism tubuh akan melambat dan hormon yang mengatur nafsu makan pun justru akan bertambah. Tidak mengherankan jika kita menjadi cepat gemuk karena hal tersebut. Saat kamu kurang tidur, tubuh akan memproduksi hormon stress dan menambah kadar insulin setelah makan. Padahal, kedua hormon ini berperan penting dalam pembakaran lemak

2. Stress

Gambar terkait
Kondisi stress yang berkepanjangan dapat berakibat tidak menyehatkan bagi kesehatan tubuh. Saat tubuh mengalami stress, hormone cortisol akan diproduksi dan menyebabkan dilepasnya suplai glukosa yang tersimpan dalam liver dan bercampur dengan darah. Bersamaan dengan itu, kadar insulin juga bertambah di dalam tubuh yang berakibat terhambatnya proses pembakaran lemak. Dalam jangka panjang, kondisi tersebut dapat berujung pada bertambahnya berat badan dengan cepat. Karena semakin ia merasa tertekan maka semakin banyak makanan yang dia makan tanpa memperhatikan kondisi kesehatannya.

3. Daging Yang Terkontaminasi Steroid

Hasil gambar untuk Steroid
Kita tidak pernah tahu apa yang telah diberikan oleh para peternak sapi dan kambing agar ternak mereka menjadi gemuk. Dan sayangnya banyak peternak yang menggunakan steroid untuk memudahkan ternak mereka lebih gemuk. Kandungan steroid maish ada dan aktif meskipun ternak tersebut sudah berupa daging konsumsi, dan tak jarang juga menginfeksi manusia yang mengkonsumsinya. Dengan konsumsi steroid tanpa kita sadari, turun membantu proses penggemukan tubuh. Hal tersebut juga yang dicurigai menjadi salah satu penyebab tingginya angka obesitas di dunia. Salah satu efek samping dari penggunaan obat steroid ini adalah peningkatan nafsu makan

4. Bakteri Usus

Hasil gambar untuk bakteri usus
Kahadiran bakteri usus di dalam tubuh kita bukanlah sesuatu yang baru. Mereka ada di dalam setiap orang dan maskipun umum dan lumrah, namun bukan berarti bakteri usus tidak akan mempengaruhi kesehatan kita. Faktanya, berdasarkan penelitian yang dilakukan pada tikus, banyak ditemukan bakteri bacteroidetes di dalam usus tikus gemuk sedangkan pada tikus kurus hanya terdapat Firmicutes. Bisa dipastikan bahwa bacteroidetes efektif dalam menangkal kalori dan lemak sehingga membuat kita gemuk dengan cepat sedangkan Firmicutes tidak. Untuk mengatasi hal tersebut bisa dilakukan dengan mengkonsumsi probiotik setiap hari serta menghindari gula dan makanan manis.

5. Hormon Berlebih

Hasil gambar untuk hormon berlebih
Karena berbagai hal, tubuh dapat memproduksi hormone estrogen secara berlebihan. Hormon estrogen adalah salah satu jenis hormone penting yang mengatur tentang pembentukan tubuh. Dengan suplai hormone tersebut yang berlebihan dapat menyebabkan tubuh bereaksi berlebih dan menyebabkan tubuh dengan cepat menjadi gemuk. Untuk mengatasi hormon estrogen yang berlebih, anda bisa mengatasinya dengan mengkonsumsi vitamin B6 yang berfungsi untuk mengatur jumlah produksi hormone tersebut.

7. Terlalu Banyak Mengonsumsi Karbohidrat

Hasil gambar untuk Mengonsumsi Karbohidrat

Karbohidrat dalam tubuh akan di rubah menjadi glikogen dan menyimpan nya dalam otot sebagai energi. Dengan otomatis tubuh akan menyimpan lebih banyak air. oleh karena itu, untuk mengatasinya dengan mengontrol dan mengurangi asupan karbohidrat dalam tubuh. lalu pilih lah karbohidrat yang aman dan sehat seperti buah, sayuran, lentil dan makanan lainnya yang mengandung mineral dan serat. dalam mengurangi karbohidrat inni anda tidak perlu secara drastis harus pelan dan berangsur supaya kesehatan tetap terjaga dan asupan yang dibutuhkan oleh tubuh terpenuhi.

8. Banyak makan makanan tinggi garam

Hasil gambar untuk makanan tinggi garam

Karena garam sifat nya adalah mengikat air dalam tubuh sehingga dengan banyak makan makanan yang asin akan menyebabkan tubuh menahan air atau di sebut retensi air. untuk mengatasinya adalah dengan cara minum banyak air putih sehingga tubuh bisa kembali netral dan kelebihan air nya akan dikeluarkan oleh tubuh bersama dengan garam yang kita konsumsi

9. Pengobatan diabetes mellitus

Hasil gambar untuk Pengobatan diabetes mellitus

penderita diabetes melitusĀ  akan menjalani perawatan dengan mengendalikan gula darah dengan cara pengobatan suntik insulin yang bisa menyebabkan berat badan bertambah naik. walaupun pola makannnya teratur. Dikarenakan, hormon insulin yang masuk ke dalam tubuh akan menyababkan nafsu makan dan kadar pengaturan dalam tubuh.

10. Kurang olah raga

Gambar terkait

gerak fisik sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh. untuk itu anda harus memulai nya dnegan membiasakan olah raga sebagai gaya hidup yang sehat. dengan olah raga anda adapat mempertahankan berat badan dengan aman dan sehat. sehingga berat badan anda tidak mudah bertambah dan akan menjaga berat badan agar selalu ideal. lakukan olah raga minimal 1 hari selama 30 menit. Karena dengan olah raga akan membakar kalori- kalori berlebih dalam tubuh. dan mengeluarkan cairan berlebih melalui keringat.

11. Mudah menyerah

Hasil gambar untuk Mudah menyerah

Motivasi awal adalah hal ihwal untuk Anda memulai. terus jalani prosesnya sampai tujuanmu terpenuhi karena semua itu butuh berjuangan ekstra. Oleh karena itu, jangan mudah menyerah. Apakah ada dari kebiasan-kebiasan diatas yang masih Anda lakukan? Untuk mencapai berat badan ideal membutuhkan upaya yang tidak sebentar, apalagi untuk mempertahankannya, tidak semudah membalikkan telapak tangan. Untuk itu, teruslah berusaha dan jangan mudah menyerah. Namun, Jika Anda merasa adanya peningkatan berat badan yang sangat drastis disertai keluhan-keluhan lain yang mengganggu ada baiknya Anda memeriksakan diri langsung kepada dokter terdekat untuk menyingkirkan adanya penyakit lain yang mendasari kondisi tersebut.

Penyebab berat badan bertambah dengan cepat bisa bervariasi. Dan bisa jadi yang menjadi penyebab masalah anda adalah bukan dari hal-hal tersebut diatas. Maka dari itu, ada baiknya anda mendapat pendampingan dari mereka yang benar-benar kompeten di bidang ini.

terima kasih.