Bagaimana Cara Mengecilkan Perut Buncit?

Banyak orang yang salah dalam menjalankan tahapan mengecilkan perut dengan langsung melakukan sit up, padahal hal ini kurang tepat. Tahapan yang benar adalah dengan memperbaiki pola makan yakni mengkonsumsi makanan yang sehat yang tidak menyebabkan perut buncit.

Lalu apa saja tahapan yang benar dalam usaha mengecilkan perut buncit? Sebenarnya cara yang dilakukan sederhana, namun mampu memberikan hasil yang maksimal. Tahapan yang dilakukan dapat membakar lemak khususnya pada bagian perut secara sedikit demi sedikit sampai perut menjadi rata dan tidak buncit lagi.

Berikut tahapan latihan kardio yang benar agar perut rata yang patut anda coba lakukan:

  1. Memperbaiki Pola Makan


Perubahan bentuk perut seseorang pada dasarnya lebih dipengaruhi oleh pola makan yang salah, seperti mengkonsumsi makanan yang berlemak dan kalori secara berlebihan. Karena itu anda perlu memperbaiki pola makan dengan mengkonsumsi makanan sehat dan membatasi mengkonsumsi makanan yang berlemak tinggi. Anda bisa mengganti sumber karbohidrat dengan karbohidrat kompleks seperti nasi merah, memperbanyak makan buah dan sayuran serta banyak minum air putih.

  1. Sayur Buncis


Anda tentu tidak asing lagi dengan sayur buncis yang sering dijadikan sebagai menu sayuran oleh para ibu rumah tangga baik itu dimasak sendiri maupun ditumis bersama sayuran lainnya. Buncis merupakan jenis sayuran yang sering dijadikan orang sebagai menu diet menurunkan berat badan. Sayuran ini kaya akan protein dan juga mengandung flavanoid. Berdasarkan kesimpulan hasil penelitian para ahli selama 14 tahun kandungan antioksidan dalam buncis ternyata sangat baik dan mampu mengurangi lemak diperut. Buncis bisa diolah dengan cara ditumis atau direbus. Selain itu buncis juga bisa dimasak bersama sayuran hijau lainnya

  1. Buah Semangka


Siapa yang menyangka kalau buah semangka dapat membantu menghilangkan perut buncit, kalau melihat sepintas banyak orang yang mengira kalau buah semangka dapat membuat perut menjadi buncit karena banyak mengandung air. Namun berdasarkan hasil penelitian ternyata buah yang dalamnya memiliki warna merah dan kuning ini dapat membantu proses detoksivikasi dalam tubuh. tidak hanya itu semangka juga dapat membantu pengeluaran air dalam tubuh yang berlebih.

  1. Yogurt


Yogurt adalah produk minuman olahan dari susu yang rendah lemak. Minuman ini sekarang mudah ditemukan karena sudah banyak sekali dijual diminimarket dan supermarket contohnya cimori. Yogurt merupakan minuman rendah lemak yang membantu tubuh lebih ramping karena kandungan didalamnya dapat mengurangi efek perut kembung. Yogurt sangat baik dikonsumsi untuk mengecilkan perut karena dapat merangsang kerja usus dan pencernaan.

  1. Kacang-kacangan


Makanan kacang-kacangan sangat baik dikonsumsi karena mengandung serat yang tinggi. Selain itu kacang-kacangan dapat menghindarkan penumpukan lemak di perut dan dapat melancarkan pencernaan. Berdasarkan hasil berbagai studi ditemukan bahwa mengkonsumsi kacang-kacangan secara teratur lebih mungkin menurunkan berat badan sebab makanan ini mengandung lemak tak jenuh. Adapun jenis kacang-kacangan yang direkomendasikan diantaranya kacang almond, kacang merah, kacang mete dan jenis kacang lainnya.

  1. Oatmeal


Salah satu jenis makanan diet yang paling banyak direkomendasikan adalah Oatmeal karena memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga secara tidak langsung dapat mempengaruhi kesuksesan diet yang dijalankan. Kelebihan bahan makanan ini selain dapat mengurangi lemak berlebih pada perut, oatmeal juga mampu menjaga kadar gula dalam darah. Makanan ini sangat baik untuk anda yang ingin mengecilkan perut buncit secara alami.

  1. Jalan Cepat


Olahraga jalan cepat merupakan jenis olahraga santai yang dapat membantu mengecikan perut buncit karena mampu membakar lemak di perut. Anda bisa melakukan olahraga jalan cepat di luar ruangan, namun bila anda tidak terbiasa olahraga diluar ruangan diera modern ini jalan cepat bisa dilakukan didalam ruangan menggunakan treadmill.

  1. Olahraga Berlari


Sama seperti jalan cepat, berlari juga olahraga yang dapat membakar lemak di perut serta menurunkan berat badan. Olahraga berlari dapat dilakukan di luar ruangan, anda bisa mengajak anggota keluarga atau teman disekitar tempat tinggal anda. Bila anda bosan jogging di luar ruangan dengan treadmill. Olahraga ini sangat baik dilakukan untuk menghilangkan perut buncit.

  1. Olahraga Bersepeda


Siapa yang tak kenal dengan Sepeda, alat transportasi yang dulu banyak digunakan orang sebelum banyak kendaraan, kini beralih fungsi sebagai alat untuk berolahraga yang digunakan banyak orang di daerah perkotaan terutama pada hari libur.

  1. Berenang


Apakah anda bisa berenang? Olahraga ini merupakan cara mengecilkan perut buncit secara alami yang efektif karena mampu membakar lemak di tubuh. Selain itu olahraga renang juga dapat mengencangkan otot dan membentuk tubuh ideal. Anda bisa melihat contohnya tubuh para perenang profesional yang bagus dan atletis.

Tahapan Lanjutan Cara Mengecilkan Perut

Setelah anda melakukan latihan kardio dan lemak diperut sudah terkikis habis dimana perut sudah kecil maka untuk membentuk perut menjadi lebih indah anda bisa meneruskan ke tahapan lanjutan cara mengecilkan perut. Ada beberapa latihan yang bisa dilakukan untuk membentuk otot perut misalnya squat, sit up, back up dan Bicycle Crunch.

  1. Latihan Squat (jongkok)

Olahraga ini sebenarnya latihan fisik untuk mengecilkan paha yang besar, akan tetapi Squat juga dapat membantu proses pengecilan perut terutama pada gerakan jongkok. Efek dari latihan squat pada awalnya akan terasa nyeri dan sakit pada tubuh bagian bawah, namun jika dilakukan secara rutin rasa sakit tersebut tidak akan terasa lagi setelah beberapa kali melakukannya.

Cara melakukan latihan squat yaitu pertama berdiri tegak dengan dengan kedua tangan posisinya dibentangkan ke depan setelah itu rubah ke posisi jongkok dengan posisi tangan tetap sama dibentangkan ke depan ketika merubah posisi kembali berdiri tangan diturunkan kebawah dan pada saat posisi sudah berdiri sempurna posisi tangan dibentangkan lagi. Lakukan sebanyak mungkin dan secara rutin setiap hari. Untuk pria agar lebih memberikan efek pada perut dada bisa dilakukan sambil memegang barbel.

2. Back Up

Salah satu olahraga yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh adalah latihan back up. Latihan ini sangat baik untuk anda yang ingin melatih kekuatan serta daya tahan oto pinggang. Agar hasilnya maksimal tentu olahraga ini harus dilakukan dengan benar. Ada cara melakukannya yaitu posisi awal tubuh tidur tengkurap dengan badan dan kaki lurus. Sedangkan posisi kedua tangan menyentuh telinga bagian belakang. Gerakan tubuh bagian atas naik turun dan pada saat naik posisi tubuh harus maksimal. Lakukan secara rutin sampai anda mendapatkan bentuk tubuh yang diinginkan.

3. Latihan Sit Up

Olahraga ini cocok buat anda yang sudah memiliki perut rata dan ingin membentuk otot perut agar perut kencang dan sixpack. Anda dapat melakukan latihan sit up secara rutin di rumah setiap hari. untuk gerakannya saya rasa tentu anda sudah tahu karena sit up olahraga latihan perut yang umum dilakukan. Selain sit up anda juga bisa melakukan latihan Bicycle Crunch dan Pull up.

semoga artikel ini bermanfaat. terima kasih !