Apa Saja Penyebab Perut Buncit?

Ada beberapa tahapan cara mengecilkan perut buncit secara alami yang benar bagi pria dan wanita tanpa menggunakan obat pengecil perut. Hal ini penting untuk anda ketahui agar usaha yang anda lakukan tidak sia-sia sehingga tujuan untuk memperoleh bentuk tubuh langsing dan ramping dapat tercapai sesuai dengan yang diharapkan.

Pada umumnya orang yang buncit perutnya cengderung mengalami kegemukan sehingga berisiko mengalami gangguan kesehatan karena dari perut pusatlah semua itu dimulai yang merupakan sumber segala penyakit. tidak heran bila banyak orang yang berusaha agar tidak buncit, selain agar penampilan menarik juga menghindari resiko gangguan masalah kesehatan.

Mendapatkan bentuk tubuh ramping dan langsing dengan perut rata memang tidak mudah sebab membutuhkan waktu dan proses. Namun tidak sedikit orang yang ingin mengecilkan perut buncit dengan cepat dalam waktu seminggu atau dua minggu rela melakukan berbagai cara termasuk cara ekstrim yang berisiko tinggi dan membahayakan nyawa untuk mendapatkan hasil yang instan. Pada ada cara alami yang aman dilakukan, tapi memang membutuhkan waktu dan secara perlahan.

Penyebab Perut Buncit

Disadari atau tidak makan menjadi faktor utama penyebab perut menjadi buncit. Pola makan yang salah dan mengkonsumsi makanan yang tidak sehat seringkali dilakukan banyak orang sehingga mempengaruhi perubahan bentuk perut. Selain itu faktor jarang olahraga dan mengkonsumsi alkohol terlalu banyak juga dapat menyebabkan perut buncit. berikut penjelasan lengkapnya:

1. Terlalu banyak mengonsumsi makanan olahan (processed foods)

Lemak perut sering diasosiasikan dengan inflamasi pada tubuh.Terlalu banyak makan makanan olahan yang di campur dengan pewarna, pengawet dan pemanis menyebabkan kadar inflamasi dalam tubuh sehingga kemampuan tubuh untuk menghilangkan lemak semakin menurun. Sebagai gantinya, mengonsumsi makanan dengan bahan alami seperti sayur, buah, dan gandum utuh yang penuh antioksidan mampu meredakan inflamasi dan mencegah timbunan lemak di perut. Salah satu penyebab utama perut buncit adalah makanan. Mengkonsumsi makanan yang tidak sehat seperti makan dengan porsi yang banyak, makanan yang mengandung lemak tinggi dan makanan yang mengandung pemanis buatan bisa membuat perut menjadi buncit. Selain itu sering ngemil terutama pada malam hari juga sangat mempengaruhi bentuk perut. Agar perut tidak cepat buncit terapkanlah pola makan yang sehat dengan mengkonsumsi makanan yang rendah lemak dan karbohidrat komplek serta kurangi ngemil terutama pada malam hari. hindari juga beberapa makanan penyebab perut buncit.

2. Konsumsi Alkohol terlalu banyak


Minuman beralkohol tidak hanya memabukan dan dapat menggangu kesehatan jika dikonsumsi terlalu banyak juga bisa menyebabkan perut buncit. Alkohol mengandung banyak gula dan kalori sehingga bila dikonsumsi dalam jumlah banyak dapat menyebabkan lemak diperut menumpuk. Jumlah kalori dan gula yang besar (berlebih) tidak bermanfaat bagi tubuh, justru sebaliknya dapat menyebabkan masalah kesehatan. Kelebihan lemak akibat mengkonsumsi terlalu banyak alkohol akan memicu berat badan naik diiringi dengan perubahan perut yang membuncit. Apabila anda terlanjur mengkonsumsi minuman alkohol sebaiknya dikurangi atau bila perlu dihentikan.

3. Langsung tidur setelah makan


Kebiasaan langsung tidur setelah makan dapat membuat perut menjadi buncit, sebab tubuh tidak melakukan pembakaran terhadap makanan yang telah dicerna karena tidak adanya aktifitas. Oleh karena itu sebaiknya makan usahakan jauh sebelum tidur sehingga tubuh bisa melakukan pembakaran pada makanan.

4. Jarang Berolahraga


Olahraga penting dilakukan untuk menjaga kesehatan. Jarang melakukan olahraga dapat mengakibatkan kandungan lemak dalam darah akan menjadi lebih tinggi sehingga membuat lemak menumpuk yang pada akhirnya menyebabkan obesitas dan perut buncit.

5. Sindrom usus yang teriritasi

Iritable bowel syndrome (IBS) adalah gangguan yang menyebabkan kram dan nyeri di perut, di antara gejala-gejala lainnya. IBS juga dapat menyebabkan kembung dan gas, yang dapat menyebabkan perut buncit. Menurut International Foundation for Functional Gastrointestinal Diseases, sekitar 1 dari setiap 10 orang mengalami gejala IBS.

6. Intoleransi laktosa

Intoleransi laktosa adalah kondisi yang terjadi ketika tubuh Anda tidak dapat mencerna laktosa, gula yang ditemukan dalam produk susu. Gejala intoleransi laktosa termasuk perut kembung dan gas. Gejala-gejala ini dapat menyebabkan perut buncit. Jika Anda mengalami perut buncit dalam dua jam setelah mengonsumsi susu, Anda mungkin tidak toleran laktosa. Menurut Mayo Clinic, intoleransi laktosa paling sering terjadi pada orang-orang keturunan Afrika, Asia, Hispanik, dan Indian Amerika.

7. Asites

Asites adalah suatu kondisi yang terjadi ketika cairan menumpuk di dalam perut Anda. Penumpukan ini biasanya karena masalah dengan hati Anda, seperti sirosis. Sirosis terjadi ketika hati menjadi sangat terluka. Saat asites pertama kali berkembang, Anda mungkin tidak akan merasakan gejala apa pun. Ketika cairan berakumulasi dari waktu ke waktu, Anda akan mulai menyadari perut Anda menjadi semakin bengkak. Asites dapat menyebabkan Anda tidak nyaman.

8. Faktor usia

Seiring bertambahnya umur, tubuh kita juga mengalami perubahan dalam soal turun-naiknya berat badan. Baik pria dan wanita akan mengalami metabolisme yang melambat sekaligus perubahan jumlah kalori yang dibutuhkan tubuh. Selain itu seorang perempuan akan mengalami masa perubahan hormon yang nama nya menopause. Memasuki masa menopause, produksi hormon estrogen dan progesteron akan melambat, begitupun dengan kadar testosteron.dengan perubahan hormon itu mengakibatkan wanita akan mudah menumpuk lemak di area perut. Faktor usia juga dapat memengaruhi terjadinya perut buncit, sebab seseorang yang usianya bertambah maka otot-otot pada bagian tubuhnya semakin berkurang dan hal ini yang membuat bagian perut tidak terjaga lagi bentuknya.

9. Faktor keturunan

Perut buncit juga dapat terjadi karena faktor keturunan, ketika seorang ayah atau ibu memiliki perut buncit bukan tidak mungkin keturunannya memiliki perut buncit pula. Hal tersebut dikarenakan hormon yang diturunkannya.

10. Tingkat stres yang tinggi

Ketika seseorang sedang setres tidak sedikit dari mereka yang melampiaskan hasrat nya untuk konsumsi makanan yang berkadar lemak tinggi, hal tersebut bisa mengakibatkan penumpukan lemak di daerah perut sehingga perut menjadi buncit.

Kondisi stres memicu timbulnya hormon kortisol yang bisa meningkatkan kadar lemak yang menempel di tubuh dan memperbesar sel lemak. Dalam penelitian membuktikan hubungan tertimbunnya lemak dalam perut karena kadar kortisol semakin tinggi.

10. Penyebab lainnya

Perut bengkak Anda bisa disebabkan oleh sejumlah gejala lain yang kurang umum. Misalnya, batu empedu adalah massa keras yang dapat menumpuk di kantung empedu Anda. Pankreatitis adalah peradangan pankreas. Menambah berat badan juga dapat menyebabkan pembengkakan perut, seperti halnya penyumbatan di usus Anda. Kista indung telur juga bisa menyebabkan perut bengkak

itulah beberapa penyebab perut buncit yang mungkin bisa jadi pedoman buat anda supaya bisa mengantisifasi nya agar jangan sampai perut anda semakin maju kedepan. untuk itu anda harus berusaha menghindari hal- hal yang membuat perut anda buncit seperti yang telah di jelaskan di atas.

terima kasih